Senin, 17 Mei 2010

Review: Clash of The Titans (2010)

Saya suka mitologi Yunani dan kemarin manonton film Clash of Titans makanya sekarang mau membahas tentang film ini. Well, kita mulai saja.

Saya sudah tahu tahu film Clash of The Titans (yg versi 80-an) sejak lama, jadi ketika mendengar akan ada remake saya tidak terlalu antusias meski tertarik juga untuk melihatnya dengan teknologi visual saat ini. Setelah menontonnya, film ini memang sesuai dengan dugaan saya, bagus visualnya saja, ceritanya tidak bagus (itu pendapat pribadi saya yang sudah membaca cerita asli Perseus).

Klo mengenai spesial efek, mantap deh pokoknya, walaupun  tidak nonton versi 3D, menurut saya visualisasi tempat-tempatnya sangat bagus, kalau untuk menghibur mata, boleh lah.

Nah, klo mengenai cerita, saya pikir ini di bawah rata-rata. Dengan judulnya saja film ini ga nyambung. Judulnya Clash of The Titans tapi tidak ada satupun Titan yang muncul dalam film ini. Sekadar informasi, Titan adalah penguasa dunia sebelum diambil alih oleh dewa Olimpus. Terus dalam jalan ceritanya sendiri film ini membingungkan. Pada awal film kita disuguhi ceita tentang perlawanan manusia terhadap dewa tetapi kemudian inti cerita malah pindah pada petualangan Perseus untuk mengalahkan Kraken. Pada akhir film saya sempat bingung, "Lalu setelah Kraken mati, perlawanan manusia gimana?" Benar-benar tidak jelas.

Kesesuaiannya dengan mitologi Yunani sendiri kalau menurut saya sangatlah payah. Film ini asal saja mencomot karakter dari berbagai cerita dalam mitologi Yunani lalu mencampuradukannya sesuka hati. Kraken bahkan bukan berasal dari mitologi Yunani melainkan dari mitologi Eropa Utara (Norwegia, Islandia). Lalu di film ini ada Io yang membantu Perseus dalam perjalananya. Dalam mitologi Yunani, Io adalah wanita yang diperkosa oleh Zeus dan diubah menjadi sapi, sama sekali belum pernah ketemu Perseus. Tapi saya seneng juga sih lihat Alexa Davalos, lumayan menyehatkan mata. hehe. Kesalahan terbesar film ini  (seperti film pendahulunya) adalah Perseus yang menunggangi Pegasus (yang berwarna hitam dan ada sekawanan, ckckck ternyata ada ternak Pegasus). Perseus itu aslinya memakai sandal terbang pinjeman dari Hermes (film Percy Jackson lebih sesuai dalam hal ini) dan satu-satunya manusia yang pernah menunggangi Pegasus adalah Bellerofon. Huh, sebenarnya masih sangat banyak ketidakakuratan film ini tapi kalau disebutkan semua nanti postingan ini jadi sangat panjang jadi cukup segitu saja ya.

Overall, film ini cukup bagus untuk sekadar hiburan tetapi kalau dijadikan referensi untuk pengetahuan mengenai mitolog Yunani, sebaiknya jangan.

Tambahan:
Download Film Clash of The Titans (2010) : Part 1 - Part 2 - Part 3 - Part 4 (350MB-mkv-TS)
Subtitle: English

Tidak ada komentar:

Posting Komentar